Catatan Kecilku

Perjalanan mencari Ilmu sungguh Indah

Warna dalam Aplikasi Komputer

Manusia merasakan dunia nyata dengan menggunakan piranti yang lazim dikenal dengan panca indera -mata, telinga, hidung, lidah dan kulit- sehingga lewat komponen inilah kita dapat membuat model manusia sebagai pengolah informasi, meskipun banyak keterbatasan dan hanya bekerja pada kondisi yang sangat terbatas.

Aspek Interaksi Manusia dan Komputer

Penglihatan

Beberapa ahli berpendapat bahwa mata manusia terutama digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna.

Beberapa hal yang berhubungan dengan penglihatan manusia adalah :

A. Luminans (luminance)

Adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek. Semakin besar luminans dari sebuah obyek, rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah. Diameter bola mata akan mengecil sehingga akan meningkatkan kedalaman fokusnya

B. Kontras

Adalah hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek tersebut. Kontras didefinisikan sebagai selisih antara luminans obyek dengan latar belakangnya dibagi dengan luminans latar belakang.

C. Kecerahan

Adalah tanggapan subyektif pada cahaya. Luminans yang tinggi akan berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula.

D. Sudut dan Ketajaman Penglihatan

Sudut penglihatan (visual angle) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan oleh objek pada mata. Ketajaman penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah objek dengan jelas.

E. Medan Penglihatan

Adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh, yang dapat dibagi menjadi 4 daerah:

Daerah pertama adalah tempat kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama, juga disebut dengan penglihatan binokuler.

Daerah kedua adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kiri ketika digerakkan ke sudut paling kiri, disebut dengan monokuler kiri.

Daerah ketiga adalah tempat terjauh yang dapat dilihat mata kanan ketika digerakkan ke sudut paling kanan, disebut dengan penglihatan monokuler kanan. —

Daerah keempat adalah daerah buta, yakni daerah yang sama sekali tidak dapat dilihat oleh kedua mata.

—F.  Warna

—Cahaya tampak merupakan sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik. Panjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 400-700 nm yang berada pada daerah ultraungu sampai inframerah.
Seseorang yang mempunyai penglihatan warna normal mampu membedakan kira-kira 128 warna yang berbeda. Banyaknya warna yang dapat dibedakan satu dengan yang lain bergantung kepada tingkat sensitifitasnya mata seseorang.
Mata dapat membedakan warna secara akurat ketika posisi obyek membentuk sudut sebesar +/- 60 derajat terhadap mata (dengan posisi kepala dan mata diam).
Sumber: Presentasi Human-Interaction-Computer Third Edition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: