Catatan Kecilku

Perjalanan mencari Ilmu sungguh Indah

Pilih Blog berbayar atau yang Gratis

Ketika mulai untuk blogging sempat bingung juga menentukan tempat untuk menaruh catatan digital ini, apakah akan membuat di blogspot, wordpress, free hosting, atau paid hosting..?

Harga emang gak pernah bohong

Kata-kata diatas adalah semboyan beberapa temanku di ilmu komputer yang aku anggap relatif benar. Hosting yang berbayar menawarkan bermacam fitur yang sanat banyak. Misalnya saja, kita bisa menggunakan CMS yang kita inginkan dengan Costumisasi yang sangat Full. Menggunakan WordPress denga hosting sendiri memungkinkan kita untuk menggunakan tema/template dengan desain yang sedap dipandang. Atau kita bisa menginstall Joomla dengan template yang tidak kalah menariknya ditambah dengan Plugin dan Extension yang bermacam-macam.

Kalau ada yang Gratis ngapain Bayar?

Untuk masalah harga dan prosedur pembelian domain+hosting sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya butuh beberapa langkah ke ATM lalu transfer maka website kita pun telah mengudara ke dunia maya.

Harganya pun tidak semahal dulu. Untuk Domain .web.id bisa kita miliki dengan harga Rp.25.000 pertahunnya. Untuk Hostingannya bisa kita dapatkan dengan harga Rp.35.000 per-tahunnya quota 175MB, lumayan besar juga kan untuk sekedat blogging.

Terus

Setelah dipikir-pikir, ditimbang-timbang akhirnya aku memutuskan untuk blogging di wordpress.com yang tentu saja GRATIS.

Mengapa?

  • Hosting berbayar tentu harus bayar, untuk awal blogging tentu ini tidak masalah, namun jika untuk catatan abadi sampai berpuuh tahun mendatang? masih sempat ngurusi pembayaran ini? Konsekuensi klo tidak bayar tentu saja blog kita akan lenyap dari dunia yang maya ini…
  • Keamanan, banyak sekali celah keamanan yang bisa ditembus oleh orang-orang pintar di luar sana. Kita tentu tidak ingin pikiran kita habis untuk memikirkan keamanan ini, serahkan saja pada yang berwajib.
  • Konsentrasi menulis, pengalaman beberapa tahun mengarungi dunia website yang kujalani membuatku tahu bahwa aku sulit konsentrasi. ??? maksudnya adalah bahwa kita blogging disini untuk menghasilkan karya berupa tulisan, bukan tampilan, bukan fungsi yang macem-macem.
  • Pilih WordPress, menurut saya wordpress memberikan kenyamanan dalam menulis dan tampilan dashboard yang elegant. untuk blogspot saya telah mencobanya dan hasilnya adalah saya sibuk dengan tampilan website yang bermacam-macam.

Itulah sekelumit kisah yang mendasari kenapa pilih yang Gratis.

One response to “Pilih Blog berbayar atau yang Gratis

  1. MELYUIS Januari 15, 2011 pukul 14:51

    jadi tak ada bayaran le, wordpress.com, macam ada bayaran dengan nilai tertentu,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: