Catatan Kecilku

Perjalanan mencari Ilmu sungguh Indah

SPAM di Facebook – kesaksian dari pelaku (yang ini Bukan SPAM)

Sore itu aku melihat status di dinding temanku. Sebenarnya aku tak tertarik dengan judul tautan yang ada di status teman tersebut, namun karena temanku orang yang jarang update status, aku berpikir pasti ini adalah link yang bermanfaat..

Klik!!! (masuk ke website)

(kembali ke tab facebook) Ada pemberitahuan komentar masuk, “Kena juga ya?”..

aku bertanya-tanya, maksudnya?

selidik punya selidik, ternyata di profile-ku ada tautan yang temanku sebarkan.

Wow, dalam sekejap, teman2ku banyak juga yang menjadi korban.

—————

Investigasi :

  1. CTRL + SHIFT + N (New Incognito Window, fitur yang ada di browser Google Chrome)
  2. Paste Link yang tadi. jangan khawatir terkena spam yang tadi, karena kita di mode aman, tidak ada akun fb yang login, sehingga tak akan ada tautan yang nempel di dinding kita.
  3. CTRL + U (untuk melihat Source Code)
  4. CTRL + F (Find. untuk mencari frase kata)
  5. ketik ‘facebook’
  6. Eh ketemu.
  7. Pelajari
  8. Modifikasi
  9. Experiment

Dah ternyata hasilnya bagus, hanya dalam waktu kurang dari 3 jam, website-ku sudah dikujungi lebih dari 100 unique visitor, sumbernya dari facebook.

tapi ada satu komentar masuk ke web experiment tadi.

isinya celaan, bahkan menggunakan kata2 yang kasar, tidak pantas.

Aku menghela nafas…

Sepertinya perbuatanku telah merugikan orang lain. Membuang waktu, menghabiskan bandwidth, dan membuat kesal.

akhirnya aku hapus script dari web-ku.

Astaghfirullahal ‘azhiim.

-maafkan aku, untuk semua kesalahan ini…

2 responses to “SPAM di Facebook – kesaksian dari pelaku (yang ini Bukan SPAM)

  1. lathifanialdina Maret 30, 2011 pukul 19:06

    mas , bisa add saya di lathifanial****@yahoo.com ?
    saya mau banyak tanya karena facebook saya juga kena spam yang sama dan akhirnya di hack . please reply and i wait you to come in my yahoo

    • Safrony Maret 31, 2011 pukul 17:53

      koq gak ditemukan fb-nya?
      mungkin udah diganti emailnya.

      sebenernya saya bukan seorang h4cker, bukan pula cr4ck3r.
      untuk urusan hack fb saya sendiri belum pernah berhasil…(berarti udah pernah nyoba.. :-))

      oia untuk fb saya bisa di klik di bagian bawah web ini.

Tinggalkan Balasan

