Catatan Kecilku

Perjalanan mencari Ilmu sungguh Indah

Akademi Berbagi Bandung – Manajemen Waktu

@akberBDG kali ini adalah membahas tentang manajemen waktu dengan pembicara @dinadellyana seorang pengajar di SBM ITB, Pebisnis juga..

Tempatnya di Comlabs ITB Ruang PTI 1. Baru pertama juga kesini, alhasil sempat tersesat juga.

Seperti judul AkberBDG pada malam ini “Manajemen waktu”, maka acara pun dimulai tepat seperti jadwal 19.00. Walaupun suasana masih krik-krik alias penonton belum banyak yang datang. No Problem.

“Masalah bagi waktu? Saya selalu membiasakan disiplin dan tepat waktu. Datang ke acara maksimal 30 menit sblm acara dimulai”-@dinadellyana

Sejujurnya(cieee), saya baru pertama kali ikut acara @akberBDG ini. Awalnya sih “iseng-iseng” cari di twitter.com tentang event-event di kota bandung ini.

Event AkberBDG ini di desain dengan “sangat biasa” klo menurut saya karena dinamakan juga “kelas” untuk tema tiap acaranya. Saya datang, duduk, dengar dan ada tanya jawab. Just it. Tidak ada yang aneh-aneh. Tapi disinilah yang membuat saya fokus kepada hal yang terpenting dari acara ini yaitu materinya..

Pembicara memulai dengan curhat, cerita masa kecil dulu, sebelum seperti sekarang. Saya sempat “tertipu” dengan si pembicara yang dari awal saya datang sudah ada di ruangan dan ngobrol dengan penyelenggara. dikira peserta ternyata bukan, dikira mahasiswa, eh ternyata pengajar di SBM(belum jadi dosen, karena syarat dosen di SBM ITB harus lulus S3), dikira single, ternyata suaminya dokter di RSHS dan telah punya anak lagi…

Tentang Manajemen waktu.

Manajemen waktu itu “Breakdown jadwal sampe per menittt! Usahakan sampai 30 menit sebelum jam janjian”. Jangan sampai ada satu menit, eh 15 menit deh yang terbuang tanpa kegiatan yang produktif. Walaupun twitter-an, instagram-an, tetap itu dalam rangka “nyari inspirasi” oleh karena itu, follow orang atau akun yang inspiring, yang isinya bukan cuma keluhan kegalauan saja. (mudah2an bukan akun saya yang disindir -@safrony ).

Beliau memulai belajar manajemen waktu sejak SMP, ketika itu ia masuk tim basket dan band. Keduanya sudah pada tahapan, harus diseriusin. Akhirnya dengan pertimbangan klo nge-band itu masih bisa ngeceng, ditinggalkanlah basket yang mungkin klo diseriusin sudah sampai platda(saya gak tahu kepanjangannya). Kedisiplinan akan manajemen waktu terus ia terapkan sampai akhirnya lulus S1 UNPAD dengan predikat Cumlaude dan Profesi Apoteker juga Cumlaude. Lalu membuat Apotek dengan modal APT dan uang 5 juta, hadiah dari orangtuanya karena telah berprestasi. Sambil kerja di Sanbe, Apotek itupun terus berjalan dengan supply obat dari pabrik tempatnya bekerja. hehehe.

Tips bisnis:

  1. Jangan Pacaran
    Setelah Apotek, ia mengembangkan bisnis selanjutnya. Namun kandas ketika rekan kerjanya “pundung” karena ia punya pacar beneran. Owhhh…
  2. Jangan Berbisnis dengan Teman yang sangat dekat
    Bisnis selanjutnya pun ia jalani dengan teman dekatnya, kenal dari kecil. Alhasil, banyak toleransi yang mestinya tak bisa ditolerir untuk kemajuan bisnis. Akhirnya bisnis inipun tak berjalan sebagaimana mestinya.
  3. Cari Partner yang bisa menutupi kekurangan kita
    Ia sangat “pelit” terhadap waktu, namun sering lupa akan To-Do-List yang akan dikerjakannya, oleh karena itu pada fase bisnis selanjutnya ia bersyukur karena dikaruniai rekan yang ‘cerewet’ yang selalu mengingatkannya.

Itulah sebagian perjalan kisah dari @dinadellyana yang sekarang telah membuktikan bahwa, mengisi waktu dengan hal yang positif adalah investasi untuk kesuksesan pada masa yang akan datang.

Pesan-pesan untuk bisa manajemen waktu:

Pilih temen! Kalo emang temenmu sekarang ngabisin waktu di hal-hal gak penting, tinggal aja. Waktumu berharga lho.

Goal jangka pendek, setahun 3 aja. Dan jadikan to do list perhari nya , sampai kirim email pun harus elo tulis.

Gw sangat terobsesi dengan mencoret to do list. Enak banget. Rasakan kenikmatan mencapai kesuksesan kecil yang tercapai.

Bahkan di saat liburan, coba bikin liburan yang efisien. Bikin rundown gimana nikmatin liburan.

“Kalau gw bete, gak papa. Alihkan moodmu ke hal positif lainnya. Cari itu di jati diri lo guys.”

“Lepaskan yang ga ada hubungannya sama masterplan impian elo ! Lepasin yang bukan passion lo. Kalau fun, u ga kan capek”. Kl lu fun lu ga akan capek, tanya diri lu mana yg pntg bwt diri lu, lu ga bs ambil smua, hdp itu pilihan, connecting the dots.

Pilih titik-titik yang berarti untuk hidup kita. Konsisten di sana. Bikin 10ribu jam utk tiap titik. Commitment. “Connecting the dots! Leaving legacy”.

Kalo udah gak tau lagi mau ngapain manfaatin waktu, lakuin charity/bantu orang dengan gratis. Ini bntu bangun kredibilitas kamu.

-@akberBDG

Ya itulah sekelumit kisah untuk hari ini. Efek jangka pendek dari acara ini, adalah blog ini jadi ada bahan untuk ditulis.

Keep writing.

akberBDG-manajemen-waktu-januari

sumber foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: